Benarkah Air Alkali Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit?

Lama baca: 2 menit

Air alkali adalah air yang memiliki kadar pH di atas 8, jauh di atas kadar pH air minum yang umumnya berada di angka 7. Karena itulah, air alkali dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit – terutama di sistem pencernaan dan penyakit kulit. Air alkali juga dipercaya bisa membuat orang yang mengkonsumsinya terlihat awet muda hingga berumur panjang.

Benarkah demikian?

“Pada manusia normal, kadar pH dalam tubuh berkisar antara 7,35 hingga 7,45,” terang dr. Donny M. Shalahuddin seorang praktisi medis dan pendiri White World Foundation. “Segala hal yang menyebabkan kadar pH berubah akan dinetralkan oleh tubuh, dalam hal ini tugas itu dilaksanakan oleh paru-paru dan ginjal.”

Masih menurut dr. Donny M. Shalahuddin, untuk menetralkan kembali kadar pH air alkali yang masuk ke dalam tubuh, ginjal justru bekerja lebih aktif.

Lantas, bagaimana jika kondisi ginjal tidak normal?

“Jika (kondisi) ginjal tidak normal atau tidak sempurna, penumpukan alkali dalam darah akan menyebabkan situasi yang disebut alkalosis. Yang parah, alkalosis bisa menyebabkan gangguan denyut jantung, kehilangan kesadaran, bahkan koma.”

Simak penuturan lengkap dr. Donny M. Shalahuddin mengenai alkali dan alkalosis di video berikut:

Simak juga: Jangan Takut Minum Minuman Bersoda

Untuk video seputar kesehatan lainnya bisa ditonton langsung di kanal YouTube GaneshaTV di alamat berikut:

GaneshaTV Official

Fakta Alkali dan Alkalosis

Alkalosis adalah sebuah kondisi di mana darah dalam tubuh mengandung terlalu banyak basa atau alkali. Kondisi ini dapat terjadi karena kadar asam atau karbondioksida dalam tubuh berkurang, serta terdapat penurunan kadar elektrolit klorida dan kalium dalam tubuh.

Darah dalam tubuh mengandung kadar asam dan basa yang ukurannya ditetapkan melalui pemeriksaan darah dalam skala pH. Keseimbangan kedua zat tersebut diatur dengan baik oleh ginjal dan paru-paru dengan nilai pH normal sekitar 7,4. Kadar pH lebih kecil dari normal menandakan kandungan asam dalam tubuh lebih banyak, sedangkan pH yang lebih besar dari normal menujukkan kandungan basa dalam tubuh lebih banyak. (sumber)

Tinggalkan komentar