Asam Urat? Stop Konsumsi Kafein dan Alkohol!

Asam Urat atau Hyperuricemia adalah zat buangan hasil metabolisme dari purin. Purin sendiri adalah unsur yang biasanya terdapat dalam beberapa bahan makanan seperti seafood, daging merah, kacang-kacangan, kopi instan, dan alkohol.

Purin yang masuk dalam tubuh manusia akan diubah menjadi asam urat dan kemudian dibuang melalui ginjal, akan tetapi kadar purin yang tinggi tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal. Akibatnya kristal akan menumpuk di persendian.

Kadar asam urat berlebih dalam aliran darah bisa memicu radang sendi. Saat terakumulasi dalam cairan sendi, asam urat menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang luar biasa. Secara umum, asam urat akan menumpuk di sendi jari-jari dan pergelangan kaki.

Penyebab

  1. Obat dan Vitamin. Obat-obatan yang bersifat diuretik, niasin, vitamin B3 dan obat imunosupresif dapat menjadi pemicu asam urat.
  2. Kondisi medis seperti tiroid kurang aktif (hipotiroidisme), leukemia, psoriasis, dan obesitas.
  3. Konsumsi makanan dan minuman seperti kafein, alkohol dalam jumlah tinggi, juga makanan yang kaya purin seperti daging & produk daging, makanan laut, ikan bercangkang, dan kacang-kacangan.

Masalah yang Timbul (Hyperuricemia)

  1. Nyeri sendi.
  2. Batu ginjal.
  3. Gagal ginjal.

-EH-

Tinggalkan komentar