Bekal Menjadi SDM Unggul dan Meraih Prestasi Melalui Workshop Literasi dan Short Movie

Beberapa waktu yang lalu Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBP) Kemdikbud mengadakan Pelatihan Literasi di Museum Balanga, Palangkaraya Kalimantan Tengah yang dikuti siswa siswi SMP dan SMU.

Dalam Pelatihan yang dibimbing oleh Dra. Naning Pranoto, MA dan Tim diajarkan Teknik Dasar-Dasar Literasi serta penulisan skrip film pendek (short movie). Mereka juga dibekali dengan pelatihan singkat Teknik Produksi Film, mulai dari penyutradaraan hingga proses editing.

Para siswa-siswi yang pada dasarnya memang mempunyai minat dalam bidang seni perfilman sangat antusias dan aktif dalam tanya jawab.

Kesokan harinya mereka mempraktikan ilmu yang didapat untuk mengikuti Lomba Membuat Film Pendek tentang Museum Balanga yang sarat dengan koleksi masyarakat Dayak.

Berbekal alat seadanya mereka mengerjakan secara gotong royong dalam satu grup yang terdiri dari lima murid. Dalam kurun waktu delapan jam mereka harus menulis skrip, shooting dan editing di tempat yang telah disediakan panitia.

Banyak drama terjadi, mulai dari pemilihan lokasi sampai dengan gambar hasil tapping yang hilang. Namun mereka tetap bersemangat, walau dikejar waktu.

Dari 12 sekolah SMU ada 14 Grup yang berhasil mengerjakan film pendek dengan sukses. Mereka itu menyerahkan hasil karya ke panitia tepat waktu.

Hasil karya juara pertama (SMU Negeri 2 Palangkaraya) dapat disaksikan video berikut.

Tinggalkan komentar